Jumat, 26 September 2008

Tuk tuk tuk … Kelompok Mastermind anda memanggil


Tahun ini adalah tahun terbaik untuk saya dalam hal karier. Sementara ada banyak factor yang membantu kesuksesan ini, ada satu hal yang istimewa yang baru saya mulai sebelum perubahan terbesar terjadi dalam hidup saya.

Saya bergabung dengan sebuah kelompok mastermind.

Napoleon Hill berbicara tentang menggunakan OPM dan OPB, yakni Other People Money dan Other People Brains. Walaupun yang pertama adalah penting dan pada umunya diperlukan dalam usaha baru dan besar, saya percaya bahwa yang kedua adalah lebih berharga.

Beberapa alasan bagus ada dibalik perkataan, “Dua kepala lebih baik daripada satu.” Lalu, lebih banyak adalah lebih baik sampai ke batas tertentu. Ahli-ahli menyarankan sebuah kelompok seharusnya terdiri atas 8 sampai 12 anggota.

Saya telah terlibat dengan berbagai macam tipe kelompok mastermind sebelumnya, namun tidak pernah bergabung dengan satu kelompok yang benar-benar terstruktur seperti kelompok yang saya hadiri sekarang. Pada awalnya, kelompok ini didirikan sebagai bagian dari program pelatihan dengan Bob Proctor, pengarang You were Born Rich dan seorang salesman top dan pelatih untuk kekayaan. Bob telah mendirikan beberapa kelompok ini bersama dan mempunyai kuesioner untuk menentukan siapa yang harus ditempatkan dimana dan dengan siapa dalam kemitraan mastermind.

Bob juga memiliki prinsip mastermind dan sebuah cetak biru untuk suatu proses yang sukses. Hal ini menjaga agar panggilan telepon mingguan tetap produktif sehingga orang-orang mendapatkan yang terbaik dengan adanya proses itu. Panggilan telepon diawali dengan pembicaraan prinsip-prinsip sehingga partisipan berada di garis yang sama. Kemudian anggota-anggota secara bergantian menceritakan pencapaian mereka minggu ini, juga hambatan dan kebutuhan mereka dari kelompok mastermind. Anggota lain seringkali memberikan dukungan mereka, seperti pernyataan kehendak yang positif untuk orang tersebut atau memberikan kenalan relasi bisnis.

Proses ini membantu untuk menjaga saya tetap terfokus pada apa yang ingin saya lakukan. Ada semacam rasa pertanggungjawaban namun dengan cara yang agak berbeda dari bimbingan dari seorang pelatih. Ada kesempatan untuk mendapatkan tanggapan dari beberapa orang yang walaupun bukan pelatih yang berpengalaman, mempunyai keahlian di bidang yang berbeda-beda. Kelompok saya yang sekarang memiliki anggota dari bermcam-macam profesi, tingkat pendapatan (dari orang yang masih berjuang sampai miliuner), dan bahkan dari negara yang berbeda. Namun semuanya mempunyai komitmen yang kuat untuk mencapai kesuksesan dan pengembangan diri.

Tentunya, kesuksesan dari kelompok mana pun bergantung pada anggota-anggotanya. Kelompok mastermind saya yang pertama bubar dalam waktu sekitar sebulan atau dua bulan, sehingga hanya dua dari 12 anggota awal yang masih aktif menelepon. Satu anggota yang tersisa dan saya, bertekad untuk mendapatkan yang terbaik dari proses itu, menggabungkan diri kami ke kelompok yang lain. Walaupun tidak semua orang dapat bertemu lewat telepon setiap minggu, paling tidak konsisttensi dari anggota inti menghasilkan hasil yang mengesankan. Tidak ada seorangpun yang dibayar untuk melakukan ini kami malakukan panggilan telepon untuk mendukung kelompok kami dan untuk didukung.

Hal inipun berhasil.

Setelah beberapa bulan dengan kelompok ini, saya menemukan keberanian untuk meninggalkan rasa aman dari pekerjaan rutin dan mulai mengejar kegemaran saya yang sebenarnya. Dalam waktu enam bulan, saya melipat tigakan pendapatan saya. Anggota-anggota lainpun mengalami kenaikan dalam hal keuangan dan kesuksesan pribadi.

Saya juga mendapatkan kesempatan untuk menawarkan jasa saya dengan cara yang unik, untuk memperkenalkan EFT (Emotional Freedom Technique-Teknik Pembebasan Emosi) kepada sekelompok professional yang mungkin tidak akan menemukan keberadaan proses ini. Dalam beberapa kesempatan, saya telah melakukan sesi pengetukan untuk mengatasi masalah berkelimpahan.

Sangat sulit untuk dapat dengan tepat menunjukkan mana kesuksesan saya yang berasal dari proses mastermind, namun tidak diragukan lagi bahwa hal ini memegang peranan yang penting. Untuk mereka yang mengenal Law of attraction, anda tahu bahwa pemikiran dan perasaan positif membawa hal-hal yang baik ke dalam kehidupan anda. Proses mastermind menyediakan kesempatan mingguan untuk mendapatkan dukungan dengan berada dalam keadaan pikiran itu.

Jika anda belum melakukan ini proses yang sangat direkomendasikan oleh banyak guru kesuksesan yang hebat mohon mengetuk bersama saya, “Meski saya menolak melakukan mastermind…”

Oleh: Brad Yates
Dikutip dari buku Meet & Grow Rich by Joe Vitale dan Bill Hibbler
Dikutip oleh Sony Trigiantoro , co founder Eksportir Produk Indonesia

Tidak ada komentar: