Kamis, 04 September 2008

Mastermind bagi seorang remaja (Bagian 1)


Kelompok mastermind-lah yang membawa anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Untuk saya, mastermind mengubah hidup saya 180 derajat. Membantu saya belajar banyak, mendapatkan dukungan dari orang-orang sukses, mempunyai keberanian untuk mewujudkan banyak hal, berpikir lebih besar, dan membantu saya menjadi orang yang lebih ‘besar’.

Ketika saya bergabung dengan sebuah organisasi network marketing pada usia 16 tahun, kelompok kami adalah sebuah kelompok yang berkembang paling pesat. Alasannya, kami melakukan mastermind dua kali seminggu. Kami saling membantu satu sama lain untuk menjadi lebih besar. Kami melakukan brainstorm tentang bagaimana kami dapat menjangkau lebih banyak orang. Kami saling menendang satu sama lain untuk memastikan bahwa kami semua berada di jalur yang tepat.

Sesi brainstorm mastermind kami adalah yang paling menguntungkan karena kami semua berada di gelombang mental yang sama; 10 orang yang sedang berusaha keras mencari jawaban untuk meningkatkan sukses kami10 kali lipat! Berkat kelompok mastermind inilah saya mendapatkan cek pembayaran dari network marketing saya yang pertama (penghasilan pertama saya) pada usia 16 tahun!

Kemudian saya menjadi bagian dari kelompok mastermind yang lebih besar. Semua orang di kelompok itu lebih sukses daripada saya. Orang-orang yang telah mendirikan usaha besar dan perusahaan network marketing, orang-orang yang memiliki 30-40 tahun pengalaman dalam dunia marketing, orang-orang yang telah berkunjung ke seluruh dunia. Saya berada di situ seperti sepotong spons.

Saya mempelajari dari semua orang disana sebisa saya. Hal-hal yang saya pelajari selama satu jam disitu sama dengan waktu satu tahun yang saya habiskan untuk mempelajari sendiri hal tersebut! Saya juga mencoba membantu semampu saya.

Saya membantu untuk mengorganisir acara, menjual paket pelatihan mereka (dengan komisi tentunya), dan membantu mereka kapan saja saya bisa. Sebagai balasannya, mereka tidak pernah menolak jika saya meminta bantuan.

Kadang kala saya merasa bahwa sayalah yang PALING diuntungkan dalam kelompok ini! Waktu itu saya terlalu muda dan terlalu kecil untuk berada dalam kelompok tersebut, namun mereka membiarkan saya masuk karena saya bertingkah besar. Saya mempunyai impian yang besar, keberanian untuk melakukan hal-hal besar dan keinginan untuk menjadi besar, dan berada di antara orang-orang besar. Maka mereka membiarkan saya masuk.

Seringkali saya mengikuti kelompok mastermind dengan benar-benar membisu, hanya mendengarkan pembicaraan mereka tentang sesuatu yang jauh di atas daya tangkap saya. Jadi, saya belajar dengan hanya mendengarkan pembicaraan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa berada dalam kelompok mastermind yang berada jauh lebih maju dari anda bukannya tidak mungkin. Jika anda mempunyai keinginan yang membara dan melakukan tindakan, orang-orang akan menghargai anda dan anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi lebih dekat dan belajar dari mereka.

Sebelum menjadi anggota kelompok itu, tidak ada orang yang mengenal saya. Menjadi bagian dari kelompok itu membuat saya menjadi dikenal. Semua kenalan yang saya dapatkan dan orang-orang yang saya temui karena menjadi bagian dari kelompok itu adalah orang-orang luar biasa! Saya bahkan tidak dapat menuliskan orang-orang hebat dan sukses yang saya temui karena banyaknya jumlah orang-orang itu.

Demikianlah relasi saya berkembang. Orang-orang jadi lebih tahu tentang saya. Mereka mulai mengundang saya ke acara-acara, pertemuan-pertemuan, dan seminar-seminar lain. Hal itu hanyalah sebagai akibat sampingan dari menjadi bagian dari sebuah kelompok mastermind.

Terlebih, relasi yang saya bangun, ikatan yang saya buat dengan orang-orang itu, adalah selamanya. Saya menjadi yakin bahwa saya memiliki sebuah sistem pendukung. Orang-orang yang saya percayai untuk bergantung, orang-orang yang dapat menasihati saya pada saat paling dibutuhkan, yang dapat mebantu saya berdiri saat saya jatuh, serta orang-orang yang ada disitu untuk membantu saya mempersiapkan diri dan mempunyai keyakinan atas diri saya.

Oleh : Muhammad Shariq
Dikutip dari buku Meet & Grow Rich by Joe Vitale dan Bill Hibbler
Dikutip oleh Sony Trigiantoro , co founder Eksportir Produk Indonesia

Tidak ada komentar: