Minggu, 28 September 2008

Tipe-tipe Kepribadian


Seorang internet marketer terkenal pernah membentuk mastermind yang dikenal dalam sejarah. Dia mendirikan sebuah organisasi besar dan memecah anggotanya ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil yang beranggotakan tidak lebih dari enam. Namun, orang tersebut tidak memperhitungkan tipe-tipe kepribadian para anggotanya.

Salah satu anggota dari mastermind pusat, yakni kelompok pertama dari organisasi ini, sangat mengontrol. Pada akhirnya dia menggunakan kelompok ini untuk tujuannya sendiri, dengan memasukkan orang-orang ke dalam program multilevel marketing. Organisasi tersebut runtuh karena hal ini dan kesalahan dalam penilaian lainnya. Seandainya semua sadar akan tipe-tipe kepribadian, mungkin mereka dapat mencegah masalah ini.

Anda akan mengetahui tipe-tipe kepribadian yang berbeda dalam kelompok manapun juga, termasuk mastermind. Kelompok Anda seharusnya adalah kelompok yang suportif, sehingga elemen negatif dapat dikeluarkan atau tidak diundang. Marilah melihat beberapa tipe kepribadian yang mungkin anda temui pada saat pertemuan. Uraian pada posting-posting berikutnya didasarkan dari Enneagram.


Enneagram adalah salah satu system kepribadian mutakhir yang digunakan, dan menitikberatkan pada motivasi psikologis. Walaupun kurang jelas asal muasalnya, namun banyak praktisi terapi dan psikologi yang menggunakannya untuk mengenal klien mereka dengan lebih baik.

Tidak ada tipe yang baik dan buruk. Tugas anda sebagai pemimpin kelompok adalah mengawasi kepribadian-kepribadian dalam kelompok anda. Berusaha mengubah siapa saja bukanlah tindakan yang bijaksana. Namun Anda (atau orang yang ditunjuk sebagai fasilitator) dapat memastikan bahwa kelompok anda berjalan dengan teratur dan pertemuan berlangsung seperti yang diinginkan

Tidak ada komentar: