Sabtu, 12 April 2008

Workshop sehari “Langsung Punya Toko Online”


Kemaren, di Wisma Aldiron, saya mengikuti workshop sehari “Langsung Punya Toko Online”. Workshop ini adalah gawe dari TDA SM (Solution Management) yang merupakan sub bagian dari TDA IT. Workshop kemaren adalah batch 2, batch ke-1 sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 5 April yang lalu. Untuk batch ke-2 ini pesertanya kalau tidak salah adalah 17 orang.


Workshop dibuka oleh Pak Rosihan, dan seperti biasa dibuka secara resmi oleh Pak Roni.


Kemudian Pak Andrias dari Detikcom menjelaskan perkembangan internet di Indonesia. Peluang dari On line Store yang sangat besar sebagai akibat dari pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Peranan dan komitmen yang diambil detikcom dalam mendukung kemajuan dunia internet di Indonesia beserta data-data penting diseputar dunia internet indonesia juga bagian dari sharing Pak Andrias.


Yang juga tidak kalah menarik adalah pada kesempatan ini dijelaskan pula tentang Adpoint. AdPoint adalah produk advertising detikcom yang pembayarannya berdasarkan sistem pra bayar dengan pembelian poin deposit minimal Rp.250.000. Sistem booking adalah system lelang, dimana penawar tertinggi mendapat tempat yang diinginkan untuk beriklan.

Sistem perhitungan adpoint adalah berdasarkan page per view (bayar berdasarkan halaman yang dibuka/dilihat). Advertiser juga dapat menentukan sendiri berapa harga per page view tersebut. Misalnya, jika advertiser melakukan penawaran Rp.1 per page view dengan deposit Rp.250.000, maka setelah 250.000 page views, iklan akan turun dengan sendirinya.

Dan untuk TDA, diberi penawaran diskon sebesar 25% untuk pemasangan Adpoint ini.



Penampil berikutnya adalah Pak Teguh Atmajaya, pemilik beberapa toko online ini diantaranya RumahMuslimah.com, membeberkan rahasia tentang mengelola penerimaan order dan pembayaran.

Kemudian Pak Ali Akbar, yang menjelaskan teknis diseputar operasional toko online ini.

Pak Hasan Basri tampil membawakan materi Manajemen Inventori Toko Online, beliau adalah pemilik toko online GrosirTanahAbang.com.



Dan terakhir Pak Roni kembali tampil untuk sharing pengalaman sukses mengelola toko online termasuk rahasia dan strategi pemasaran secara online yang selama ini dilakukan.


Yang berbeda dari workshop ini adalah para peserta tidak diharuskan mengerti secara tehnikal membuat webstore, karena webstore sudah diberikan jadi, tinggal peserta mengupdate webnya khususnya produk-produk yang ingin dijual, semua engine dan design web sudah dibuatkan oleh team TDA SM yang dipimpin oleh Pak Wahyu dan Pak Tosi ini.

Peserta diberikan bekal ilmu dan pengalaman sukses dalam menjalankan toko online, sehingga tidak hanya semangat mempunyai toko online tapi bagaimana menjalankannya dan meraih keuntungannya secara cepat dan terproses.

Semoga bermanfaat.

p.s. Sorry kali ini fotographernya nggak ikut... he he he... jadi fotonya agak buram....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

halo mas,
aku juga anggota TD IT lho..
eh, gimana caranya bisa dapet web untuk bikin toko online tsb ya?
saya mau buka lapak toko buku :)fue

Aniek mengatakan...

halo mas....
saya anggota TDB,"Workshop sehari langsung punya toko online" kapan diadakan lagi?
untuk lokasi workshop apa ada jadwal di Surabaya ga?
pengen ikutan ne, biar dapet ilmunya n punya toko online juga...
thanks ya....

Iim Rusyamsi mengatakan...

Untuk yang ingin ikut workshop ini secara rutin di selenggarakan.

PIC acara tsb pak Wahyu, silahkan lgsg kontak di nomor 0818622845.

Thanks untuk MM Cipasera yah.

Wass,
Iim