Jumat, 18 April 2008

Tips 3 Mastermind: Buatlah pertemuan sebagai tempat yang aman.


Menghadiri pertemuan kelompok mastermind adalah pengalaman yang sangat bermakna dan pribadi, dan seiring dengan waktu, sebagaimana persahabatan terbangun, para anggota akan ingin berbagi hal-hal yang sangat pribadi mengenai diri mereka sendiri.

Sebagai seorang fasilitator, tugas anda adalah menciptakan sebuah tempat untuk setiap pertemuan sebagai tempat yang membuat mereka merasa aman mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya, pengharapan dan ketakutan mereka, dan hal-hal nyata yang terjadi dalam hidup mereka.

Ketika anggota benar-benar berbagi pemikiran pribadi dan perasaan yang sulit, berikanlah mereka ruang untuk mengekspresikan diri, dan katakan kepada mereka bahwa tidak apa-apa untuk berbagi dengan cara ini.

(Namun waspadalah untuk anggota-anggota yang selalu menggunakan pertemuan sebagai sesi terapi psikologis. Jika mereka selalu membawa permasalahan emosional ke dalam kelompok, namun tidak pernah mengambil tindakan untuk maju, secara halus ajaklah mereka berbicara empat mata dan jelaskan peraturan-peraturan kelompok itu).

Peringatkan kepada para anggota bahwa tempat ini menjaga kerahasiaan, dan mendiskusikan keadaan anggota lain di luar pertemuan tidak diperbolehkan.

Jika perlu, mintalah para anggota untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan, terutama jika mereka membicarakan tentang ide-ide yang dapat dipatenkan, didaftarkan mereknya, atau dilindungi hak ciptanya.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: