Senin, 21 April 2008

Tips 6 Mastermind: Gunakanlah sebuah tongkat untuk berbicara.


Putuskan di awal urutan anggota-anggota yang akan berbicara pada setiap pertemuan.

Dalam Cipasera 1, pada awalnya kami sudah menentukan nomor punggung yang diurut berdasarkan abjad nama. Mulai dari Pak Andri Irwan sebagai agen 001 sampai dengan Pak Yogi Yogayaza sebagai agen 007.

Nomor punggung menentukan siapa moderator pada setiap pertemuan. Kalau minggu ini Agen 001 sebagai moderator, maka minggu depan adalah Agen 002 dengan backup moderator adalah Agen nomor punggung berikutnya.

Sedangkan pembicara pertama adalah Agen yang posisinya disebelah kanan moderator, dengan rotasi berlawanan arah dengan perputaran jarum jam, atau searah dengan perputaran tawaf.

Jika tiba giliran bagi masing-masing anggota untuk berbicara, anggota itu berbicara secara eksklusif dan tidak ada seorangpun yang dapat menginterupsi sampai dia selesai berbicara.

Anggota-anggota seringkali menemukan kejelasan dengan menceritakan situasi dan pemikiran mereka, dan adalah suatu keharusan bahwa waktu ini dihormati dengan diamnya para anggota lain.

Dalam pertemuan-pertemuan langsung, anda mungkin dapat menggunakan sebuah tongkat untuk berbicara, atau benda-benda lain, yang dipegang oleh anggota sewaktu dia berbicara untuk menunjukkan perasaan memiliki dan menguasai atas waktu yang diberikan untuknya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: