Sabtu, 26 Juli 2008

Mastermind untuk Internet Marketing (Part 2)


Oleh Bill Hibbler


Pada saat buku ini ditulis, kami telah mempunyai kelompok Wimberley ini selama hampir dua tahun. Dalam waktu itu, saya telah melihat penjualan tahunan saya meningkat sampai lebih dari 270 persen! Walaupun hal itu tidak seluruhnya berasal dari pembentukan kelompok mastermind, saya dapat mengatakan bahwa kelompok ini adalah salah satu faktor terpenting.

Saya menyarankan agar anda pertama-tama menuliskan kemampuan dan sumber daya yang anda miliki. Apakah ada dari anda pandai dalam hal teknis? Apakah ada yang mempunyai keahlian grafis yang sangat baik? Apakah ada yang mampu menulis? Buatlah daftarnya. Pastikan pula untuk tidak hanya mencatat keahlian dari anggota-anggota. Jika ada seseorang dalam anggota yang telah mendirikan satu perusahaan penyedia jasa yang dapat diandalkan, itu bagus, masukkanlah dia ke dalam daftar.

Untuk resouces, anda ingin men-share catatan-catatan mengenai perusahaan kartu kredit apa yang anda pergunakan, sistim shopping cart, perusahaan hosting, dan sebagainya. Maksudnya adalah untuk mengembangkan daftar resources masing-masing anggota menjadi daftar resources kelompok yang anda akan perlukan didalam bisnis online anda.

Hal berikutnya yang Anda harus lakukan adalah meminta setiap anggota untuk menulis bio singkat dan deskripsi tentang bisnis online miliknya, termasuk daftar website web yang ada dan produk serta layanan mereka saat ini. Cantumkan juga informasi nomor kontak, Jika kelompok anda bertemu langsung, berikan fotokopi untuk masing-masing anggota. Jika Anda bertemu secara online atau melalui telepon, berikan informasi ini melalui email atau fax.

Ketika anda memulai, skies is the limit (tidak ada batasannya). Anda dapat mempromosikan produk masing-masing anggota melalu mailing list anda. Anda dapat mengarang ebook bersama, menciptakan produk software, menginterview satu sama lain untuk produk audio dan teleseminar, dan mengorganisir seminar langsung bersama-sama. Kemungkinannya tak terbatas.

Misalnya, anda sedang berjuang untuk mencari rekan joint venture dan hanya mempunyai satu atau dua calon. Sebuah kelompok mastermind dapat memberi anda lima atau enam rekan baru hanya dari antara anggota kelompok. Jika masing-masing anggota kelompok membawa dua atau tiga rekan JV yang baik, anda mempunyai kumpulan lebih dari 20 orang rekan JV yang potensial, jika anggota kelompok anda mau memperkenalkan mereka.

Jika anda berada di bidang internet marketing, saya merekomendasikan untuk membentuk kelompok mastermind segera, apakah itu online, melalui telepon, atau kelompok yang bertemu langsung.

Dikutip dari buku Meet & Grow Rich by Joe Vitale dan Bill Hibbler
Dikutip oleh Sony Trigiantoro , co founder http://indonesiaexportproduct.com/

Tidak ada komentar: