Rabu, 21 Mei 2008

Pekalongan... Kami Segera Datang...



Mastermind Cipasera Sabtu (17/05/08) sangatlah seru. Topik untuk Sabtu ini adalah timbulnya keinginan sebagian teman untuk menjajaki peluang penjualan produk-produk dari Pekalongan. Baik untuk pasaran ekspor maupun domestik.


Pak Ardiansyah, MM Cipasera 3, sebagai asli wong Pekalongan memberikan sharing yang cukup tentang Batik Pekalongan. Ditambah lagi dengan Pak Yanto yang sudah punya akses ke Pekalongan, menawarkan kepada teman-teman untuk memasukkan kunjungan ke Pekalongan sebagai bagian dari Agenda Keluar Kandang MM Cipasera 1. Sebagian besar anggota MM-pun sepakat untuk melakukan kunjungan dua hari satu malam ke Pekalongan. Rekor baru buat MM Cipasera, hal ini akan menjadi Aktivitas Mastermind terlama (2 hari 1 malam) dan kunjungan terjauh. Tentu saja sebelum kami umroh bersama-sama ke tanah suci nantinya (Amin: Siap Pak Yogi?).

Pada akhir pertemuan, sedikit dibahas tentang bagaimana berbisnis secara syariah. Disini Pak Hertanto memberikan sedikit penjelasan tentang kriterianya. Antara lain (seingat saya), syarat (Rukun) transaksi harus ada penjual, pembeli, dan barang yang diperjual belikan. Takaran harus jelas. Tidak mengandung riba dan judi. Harus Jujur tentang kualitas barang. Broker diperbolehkan (Sip deh Pak Ichsan u/ broker ke Kanada dijamin halal bisnisnya).

Pada kesempatan ini kamipun mematangkan Appoinment dengan Pak Isdiyanto dari Majalah WK terkait dengan Agenda Keluar Kandang berikutnya.

Acara Mastermind kali ini dihadiri oleh seluruh agen Cipasera 1 (Kecuali Agen 001 dan 007, yang ternyata sama-sama ke Bandung). Ditambah dengan rekan-rekan dari Cipasera 3 (Pak Syamsul, Pak Ardiansyah, dan Pak Triharsa Adicahya).

Berikut secara ringkas sharing dari teman-teman.



Ø Pak yanto yang sedang melengkapi fasilitas home officenya.



Ø Pak Ichsan yang mulai merintis bisnis mengekspor beberapa produk ke kanada dan jedah, menambah bisnis roncekembang juga ke barang-barang interior.



Ø Pak Hakiem yang sharing berita gembira dengan perkembangan bisnis online-nya yang ternyata penjualannya jauh melebihi bisnis offlinenya.



Ø Pak Adicahya yang seorang disainer produk, menjelaskan bisnisnya di kebab dan tas untuk laptop mini.



Ø Pak Syamsul yang habis dari tanah abang, kali ini menemukan peluang di bisnis tas, untuk dijual secara on-line.



Ø Pak Hertanto dengan beberapa peluang yang baru seperti penggemukan sapi, teh Rosela, Sulam Kita, serta perkembangan beberapa peluang yang sudah di share dalam mastermind sebelumnya. Juga pengungkapan proses pemotongan sapi di Indonesia yang ternyata tidak syar’i.



Ø Pak Ardiansyah yang sharingnya cukup panjang. Tentang bisnisnya, dunia batik eksklusif, bisnis pipa dan online store. Juga pentingnya menjadi bankable dan focus di cashflow.



Ø Pak Sony tentang penataan bisnis warung sembakonya dan online storenya.

Semoga bermanfa'at.

Tidak ada komentar: